Lahan Tanah 60-70 Meter Persegi Sangat Cocok Untuk Rumah Sederhana tipe berapa? Yuk cari Tau

  

Rumah Sederhana-  Rumah dengan lahan 60-70 meter merupakan jenis rumah yang bisa dikatakan tidak besar, tetapi juga tidak kecil. Rumah ukuran 60-70 M mempunyai ukuran yang cukup ideal, bagi mereka yang tinggal sendiri, bersama pasangan, ataupun untuk ditinggali bersama dengan keluarga.

 

Walaupun memiliki luas yang tidak begitu besar, tetapi ukuran rumah  60-70 meter dapat berbeda-beda karena terkadang mempunyai ukuran panjang dan lebar yang berbeda pula.

 

Berikut tipe rumah yang cocok untuk lahan tanah dengan ukuran 60-70 meter bisa cukup untuk membangun rumah sederhana dengan beberapa tipe yang cocok antara lain:

 

·        Tipe 21

 

Rumah tipe 21 menyasar segmen middle low atau entry level. Biasanya pembeli yang membeli rumah tipe ini, merupakan  end user yang membutuhkan rumah untuk tempat tinggal dengan budget terbatas. Harganya yang terjangkau serta cicilan yang ringan, membuat sebagian orang memilih untuk membeli rumah tipe 21 daripada kontrak rumah atau kost. Pembeli rumah ini biasanya memiliki prinsip ‘yang penting punya daripada kontrak’.

Rumah tipe 21 termasuk kecil sebab luas bangunannya hanya 21 meter persegi. Pada umumnya, dimensi rumah tipe 21 berukuran

3 x 7 meter, 5,25 x 4 meter, dan 6 x 3,5 meter. Rumah tipe 21 biasanya dibangun diatas tanah ukuran 50-60 meter persegi. Sebagai rumah sangat sederhana (RSS), rumah ini hanya memiliki satu kamar, satu kamar mandi serta satu ruang serbaguna yang digunakan ruang tamu sekaligus ruang makan. Untuk memiliki dapur, biasanya developer hanya memberikan sisa tanah berukuran ‘mini’ dibelakang rumah yang bisa dibangun oleh pemilik properti. 

Harga rumah tipe 21 sangat bervariasi. Apabila Anda mengambil rumah subsidi, Anda bisa mendapatkan rumah tipe ini dengan harga Rp. 150-200 jutaan saja. Sebagai rumah subsidi, sebaiknya Anda jangan terlalu berharap banyak dengan kualitas bangunan yang dibangun karena pasti banyak kekurangannya. Jika Anda memiliki dana lebih dan ingin memiliki rumah dengan kualitas lebih baik, sebaiknya Anda membeli rumah komersil dengan tipe tersebut. Harga rumah komersil tipe 21 rata-rata berkisar Rp.250 juta - Rp. 450 juta.


Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa rumah dengan ukuran 21 meter persegi sangat kecil. Umumnya developer memberikan beberapa varian yang lebih besar seperti tipe 24, 27 dan 30. Namun, Anda akan ‘terkejut’ karena beberapa developer bahkan membangun rumah yang lebih kecil lagi, yakni rumah tipe 15 dan tipe 20. Hal ini untuk mengakomodasi kebutuhan akan hunian bagi kaum milenial atau pasangan baru. Dalam hal ini, developer berusaha membangun rumah dengan harga yang lebih terjangkau. Akan tetapi, ukuran tersebut tidak lazim digunakan. Artinya, hanya beberapa developer yang membangun rumah dengan tipe ‘aneh’ selain tipe 21.

·        Tipe 30 atau 36:

 

Rumah sederhana tipe 30 atau 36 adalah pilihan yang cocok untuk lahan dengan ukuran 60-70 meter. Tipe ini memiliki luas bangunan yang relatif kecil sehingga cukup efisien dan ekonomis.

 

·        Tipe 45:

 

Rumah sederhana tipe 45 juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk lahan dengan ukuran 60-70 meter. Tipe ini memiliki luas bangunan yang cukup ideal untuk keluarga kecil.

 

·        Tipe 54:

 

Rumah sederhana tipe 54 juga bisa menjadi pilihan untuk lahan dengan ukuran 60-70 meter. Tipe ini lebih besar dari tipe 30, 36, atau 45 sehingga bisa menampung keluarga yang lebih besar.

 

Namun, keputusan untuk memilih tipe rumah yang tepat juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran keluarga. Sebaiknya konsultasikan dengan arsitek atau ahli bangunan untuk memperoleh saran yang lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan keluarga.

 

Baca Juga : Ini Dia Rumah Sederhana Type 45 yang cocok untuk keluarga kecil  dan mempunyai kendaraan   

 

 

Posting Komentar

0 Komentar