Konsep bangunan rumah sederhana tahan banjir

Desain Rumah di Daerah Rawan Banjir – Bandar Lampung , Siapa yang tidak menginginkan bangunan tahan banjir? Mitra Perkasa tentunya menginginkan sebuah bangunan yang aman dari segala kondisi terutama banjir bukan? Tahukah Anda bahwa banjir merupakan bencana alam yang terjadi hampir setiap tahun di Indonesia? Oleh karena itu, kita harus waspada dan mempersiapkan segala kemungkinan yang disebabkan oleh banjir ini dan mengetahui ramalan musim hujan di Indonesia.

Siapa yang tidak menginginkan bangunan tahan banjir? Mitra Perkasa tentunya menginginkan sebuah bangunan yang aman dari segala kondisi terutama banjir bukan? Tahukah Anda bahwa banjir merupakan bencana alam yang terjadi hampir setiap tahun di Indonesia? Oleh karena itu, kita harus waspada dan mempersiapkan segala kemungkinan yang disebabkan oleh banjir ini dan mengetahui ramalan musim hujan di Indonesia.

Baca juga:

                Baca juga Insipirasi membuat rumah tipe sederhana

 

Definisi konsep bangunan sederhana tahan banjir

Rumah sederhana yang tahan banjir adalah sebuah konsep rumah yang dirancang untuk dapat bertahan dalam situasi banjir. Banjir dapat terjadi di berbagai tempat dan dalam skala yang berbeda-beda, dan seringkali merusak properti dan kehidupan manusia. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor yang dapat membuat sebuah rumah tahan banjir ketika merancang rumah sederhana.

Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam merancang rumah sederhana yang tahan banjir adalah lokasi. Idealnya, rumah harus ditempatkan di area yang lebih tinggi dari permukaan air, sehingga risiko banjir dapat dikurangi. Namun, jika Anda tidak dapat memilih lokasi yang lebih tinggi, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk meninggikan pondasi rumah. Pondasi rumah yang tinggi dapat membantu meminimalkan kerusakan yang diakibatkan oleh banjir.

Macam-macam rumah antri banjir

1.            rumah anti banjir desain panggung

                Desain rumah lain yang bisa digunakan di daerah rawan banjir adalah rumah panggung. Ya, selain desainnya yang menarik dan khas, rumah panggung juga cukup kuat menahan banjir tanpa mengalami kerusakan. Saat ini ada banyak model rumah bergaya dengan desain modern. Selain itu, Anda juga bisa mengganti bahan pondasi dari kayu menjadi beton agar lebih kuat.

2.            Rumah sederhana Anti Banjir Desain Eropa

                Tak hanya memiliki desain yang khas dan eye catching, rumah gaya Eropa sangat baik untuk menjadi solusi rumah anti banjir, lho. Selain desain, rumah Eropa memiliki material berkualitas sekaligus fungsional. Selain itu, rumah jenis ini memiliki bentuk pondasi yang menjulang tinggi.Rumah bergaya Eropa pun biasanya memiliki fasadbangunan dengan tangga di tengah rumah, sehingga strukturnya dapat menahan air masuk ke dalam rumah.

3.            rumah sederhana logam

                Desain rumah metal cukup terkenal di Jepang. Model rumah ini juga bisa Anda terapkan untuk membangun rumah yang tahan banjir. Karena rumah logam dibangun dari bahan beton dengan lapisan logam padat yang tahan terhadap aliran banjir dan gerakan tanah.

4.            Rumah sederhana Anti Banjir Pilar Beton

                Jika Anda ingin memadukan bentuk rumah tradisional dengan desain minimalis, desain rumah ini adalah solusinya. Rumah kolom beton memiliki struktur kolom persegi panjang sebagai penopang yang terbuat dari bahan beton. Namun yang membedakannya dengan rumah tradisional lainnya adalah merupakan rumah kolom beton dengan desain interior yang minimalis dan modern.

5.            Rumah sederhana  Anti Banjir Float House

                Namun, ini adalah jenis rumah modular yang dirancang untuk mengapung saat terjadi banjir. Sistem modular dari benda apung terdiri dari kubus plastik, yang kemudian dirakit. Tentunya jenis plastik yang digunakan juga berbeda, yakni. HDPE atau High Density Polyethylene, merupakan plastik yang ramah lingkungan dan tidak merusak alam.

Baca Juga:

                Baca juga artikel terbaru dari kami tentang Desain rumah minimalis kekinian sederhana tapi elegan

Posting Komentar

0 Komentar